Jurnal Saintifik  adalah adalah jurnal multidisiplin yang diterbitkan oleh Fakultas Pertanian Universitas Ratu Samban dengan P-ISSN 1693-668X dan E-ISSN 2829-3975Jurnal Saintifik (JS) terbit 4 bulanan (Januari, Mei dan September) merupakan jurnal peer review, open access, ilmiah dan ilmiah yang menerbitkan makalah penelitian, makalah review, laporan kasus, studi kasus, resensi buku, skripsi, tesis, karya disertasi, dll.

Jurnal Saintifik (JS) ini didedikasikan untuk menggali dan menyebarluaskan hasil dari berbagai pemikiran kreatif dan inovatif yang berdasarkan pada proses penelitian dan pemikiran yang ilmiah. Jurnal Saintifik (JS) ini berfokus pada:

Biologi: Botani, Biosains, Mikrobiologi, Bioteknologi, Biologi Klinis, Biologi Molekuler, Biokimia, Pertanian, Kimia, Lingkungan dan Ekologi, Ilmu Pangan, Nutrisi, Ilmu Tumbuhan, Entomologi, Zoologi, Perikanan, Ilmu Tanaman, Fitopatologi.

Humaniora: Seni, Sejarah, Bahasa, Sastra, Musik, Filsafat, Agama, Teater, dll.

Ilmu Sosial: Geografi, Sosiologi, Pendidikan, Ilmu Politik, Adminitrasi negara, Hukum, Kebijakan, Tinjauan Sosial, Seni, Sejarah, Filsafat, Antropologi, ilmu komunikasi dan Psikologi

Manajemen: Perdagangan, Ekonomi, Keuangan, Akuntansi, Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Pelatihan dan Pengembangan Manajemen Mutu, Bisnis, dan Adminitrasi Bisnis.

Ilmu Kedokteran: Kedokteran, Kesehatan, Keperawatan, Penelitian Klinis, Farmasi, Herbal, Farmakognosi, Farmakologi, Fitokimia, Kebidanan, Rekam Medik, Sistem informasi Kesehatan, Kesehatan masyarakat.

Agama dan Kepercayaan: Pendidikan agama, Semua agama dan kepercayaan yang diakui di Indonesia

Pendidikan Jasmani: Olahraga, Yoga, Fisioterapi, Fisiologi, Latihan, Kesehatan, Kesehatan Jasmani, Pendidikan keolahragaan dan Jasmani.

Teknik: Teknologi Informasi, Aplikasi Komputer, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Fisika, Teknik Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Digital, dan Teknik Pertanian.

Pendidikan : Pendidikan Umum, Pendidikan Tinggi, Manajemen Pendidikan, Pendidikan non formal, Pendidikan Formal, Pendidikan luar sekolah, Pendidikan luar biasa dan Teknologi pendidikan.

Pertanian : Perlindungan tanaman, budidaya pertanian, agronomi, pemuliaan tanaman, Agribisnis, sosial ekonomi,  kehutanan, hortikultura, budidaya perairan, ilmu kelautan, ilmu pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan.