IMPLEMENTASI KEGIATAN MENANAM SAYUR DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK USIA DINI DIEDUWISATA NDALEM KERTO

  • Cahya Mutiara Anisa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
  • Betty Yulia Wulansari Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: Science learning, implementation, vegetable growing activities, ndlaem kerto eduwisata

Abstract

The purpose of this study was to find out the implementation of vegetable growing activities in science learning in early childhood at the ndalem kerto tour. This study uses qualitative methods with data collection techniques obtained using observation and interview techniques. Based on the results of the research that planting vegetables can provide children with understanding related to science learning, namely the biological science of plant reproduction, the biological science that plants are living things that need food, and the biological science that plants need sunlight to grow.

References

Ditajayanti, I. K., Rahayu, A. P., & Setiawan, A. (2019). Membangun Keterampilan Bercocok Tanam Melalui Kegiatan Bertanam Dengan Media Hydroponik Di TK Al Irsyad Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 94-103.

Susilo, E., Raisawati, T., Parwito, P., Kinata, A., Handayani, S., Sari, D. N., Togatorop, E. R., Warman, I., Hamron, N., Oktamalia, O., Novitasari, H., & Kesuma, B. W. (2022). SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN UNTUK BUDIDAYA SAYURAN DI KELOMPOK PKK DESA BANYUMAS LAMA, KECAMATAN KERKAP BENGKULU UTARA . PAKDEMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 95-100. Retrieved from https://jurnal.faperta-unras.ac.id/index.php/pakdemas/article/view/48

Indahwati, M., & AR, Z. T. (2021). Implementasi Pembelajaran Sains pada Anak melalui Kegiatan Menanam Sayur Kangkung Hidroponik. JOURNAL OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION STUDIES, 1(2), 72-109.

Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 333-342.

Lukitasari, M. (2013). Pengaruh intensitas cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman kedelai (Glycine max). IKIP PGRI Madiun.

Parwito, P., Pratama, S. W. ., Susilo, E. ., Raisawati, T. ., Handayani, S. ., Sari, D. N. ., Togatorop, E. R. ., & Kinata, A. . (2023). MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP PENGHIJAUAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 157 BENGKULU UTARA. PROPAGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 33–38. Retrieved from https://journal.ami-ri.org/index.php/AM/article/view/44

Putri, S. U. (2019). Pembelajaran sains untuk anak usia dini. UPI Sumedang Press.

Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2)

Shoti, I. T., Bendriyanti, R. P., & Pura, D. N. (2021). Meningkatkan pengetahuan sains pada anak melalui pendekatan eksplorasi lingkungan dengan bercocok tanam sayur di PAUD Al-Fattah Kota Bengkulu. Early Childhood Research and Practice, 1(02), 42-45.

Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2020). Pembelajaran sains dan matematika anak usia dini. Caremedia Communication.

Utami, T. (2016). Penerapan pendekatan saintifik dalam upaya penanaman kompetensi inti anak usia dini di PAUD Terpadu AN-Nuur Sleman, Yogyakarta (Doctoral dissertation, Tesis Pascasarjana UIN Kalijaga: Yogyakarta).

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis pengembangan literasi sains anak usia dini melalui alat permainan edukatif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654-664.

Published
2023-08-02
How to Cite
Anisa, C. M., & Wulansari, B. Y. (2023). IMPLEMENTASI KEGIATAN MENANAM SAYUR DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK USIA DINI DIEDUWISATA NDALEM KERTO. PAKDEMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 217-220. https://doi.org/10.58222/pakdemas.v2i3.149
Section
Articles