PLAY THERAPY FOR STRESS RECOVERY AFTER THE COVID 19 PANDEMIC
Abstract
Pandemi covid yang terjadi selama lebih dari dua tahun telah berdampak pada kondisi psikologis masyarakat Indonesia. Penerapan kebijakan lockdown telah membatasi aktivitas fisik seseorang untuk beraktivitas di luar ruangan dan memaksa seseorang untuk beraktivitas di dalam rumah. Hal ini mengakibatkan banyak orang mengalami stres selama lockdown. Yang paling rentan stres dan paling sulit mengendalikan stres adalah anak-anak. Hal ini terjadi karena anak belum mampu mengendalikan emosinya dengan baik dan belum mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Dengan melihat kondisi anak pasca pandemi, diperlukan program untuk mengatasi kondisi stres yang terjadi pada anak. Salah satu alternatif yang cukup efektif untuk membantu mengatasi stres adalah terapi bermain. Berangkat dari keresahan yang nyata ini, Pengabdian Masyarakat (PKM) di MI Muhammadiyah Klopogodo, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen. Penerapan terapi bermain dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap awal yang dilakukan untuk memulihkan stres yang dialami siswa adalah bercerita. Dengan mendongeng, diharapkan tingkat stres dapat dikurangi. Tahapan selanjutnya adalah bermain dan belajar dengan menggunakan metode Play Therapy. Pelaksanaan terapi bermain dilakukan oleh profesional atau pihak yang berkompeten di bidangnya. Dengan adanya layanan ini, stres pascapandemi yang dialami mahasiswa dapat diminimalisir bahkan dinetralisir.
References
Atalan, A. (2020). Is The Lockdown Important To Prevent The COVID-9 Pandemic? Effects On Psychology, Environment And Economy-Perspective. Annals Of Medicine And Surgery. Https://Doi.Org/10.1016/J.Amsu.2020.06.010
Aziz, Akbar Nur & Rahmatullah, A. S. (2022). Cutting Behavior In The Perspective Of Islamic Psychology. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 8(2), 209–219. Https://Doi.Org/10.19109/Psikis.V8i2.11465
Buheji, M., Jahrami, H., & Sabah Dhahi, A. (2020). Minimising Stress Exposure During Pandemics Similar To COVID-19. International Journal Of Psychology And Behavioral Sciences, 10(1), 9–16. Https://Doi.Org/10.5923/J.Ijpbs.20201001.02
Chen, H., Selix, N., & Nosek, M. (2021). Perinatal Anxiety And Depression During COVID- 19 Journal For Nurse Practitioners,17(1), 263. Doi.Org/10.1016/J.Nurpra.2020.09.014
Christy, F. E. (2020). Persentase Tingkat Stres Anak Dan Orang Tua Akibat Lockdown Selama Pandemi Covid-19. Tempo.Co. Https://Data.Tempo.Co/Data/978/Persentase-Tingkat-Stres- Anak-Dan-Orang-Tua-Akibat-Lockdown-Selama-Pandemi-Covid-19
Decker, A. M., Kapila, Y. L., & Wang, H. L. (2021). The Psychobiological Links Between Chronic Stress-Related Diseases, Periodontal/Peri-Implant Diseases, And Wound Healing. Periodontology 2000, 87(1), 94–106. Https://Doi.Org/10.1111/Prd.12381
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea In The Time Of COVID-19 Crisis. Journal Of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://Doi.Org/10.1177/0047239520934018
Donaldson, S. (2014). The Secret Life Of The Cross-Cultural Fairy Tale: A Comparative Study Of The Indonesian Folktale &Quot;Bawang Merah, Bawang Putih&Quot; And Three European Fairy Tales. University Honors Theses. Http://Archives.Pdx.Edu/Ds/Psu/12343
Drewes, A. (2009). Blending Play Therapy With Cognitive Behavioral Therapy. John Wiley & Sons, Inc.
Fegert, J. M., Vitiello, B., Plener, P. L., & Clemens, V. (2020). Challenges And Burden Of The Coronavirus 2019 (COVID-19) Pandemic For Child And Adolescent Mental Health: A Narrative Review To Highlight Clinical And Research Needs In The Acute Phase And The Long Return To Normality. Child And Adolescent Psychiatry And Mental Health, 14(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.1186/S13034-020-00329-3
Goodyear-Brown, P. (2019). Trauma And Play Therapy: Helping Children Heal. Routledge. Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. Https://Doi.Org/10.30742/Tpd.V2i2.1070
Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(1), 119-129.
Hasibuan, M. F., Jamila, J., Puspita, D., Sucitra, H., & Ulfa, F. (2012). Modul Bimbingan Dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 4(1). Https://Doi.Org/10.30596/Bibliocouns.V4i1.5566
Hidayat, A. (2009). Pengaruh Dongeng Dalam Masa Kanak-Kanak Terhadap Perkembangan Seseorang. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 4(2), 335–344. http://Ejournal.Iainpurwokerto.Ac.Id/Index.Php/Yinyang/Article/Viewfile/237/207
Irudaya Rajan, S., Sivakumar, P., & Srinivasan, A. (2020). The COVID-19 Pandemic And Internal Labour Migration In India: A ‘Crisis Of Mobility.’ Indian Journal Of Labour Economics, 63(4), 1021–1039. Https://Doi.Org/10.1007/S41027-020-00293-8
Kaczmarek, M., & Trambacz-Oleszak, S. (2021). School-Related Stressors And The Intensity Of Perceived Stress Experienced By Adolescents In Poland. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 18(22) https://Doi.Org/10.3390/Ijerph182211791
Khoiriyah, R. (2015). Pemberian Relaksasi Melalui Mendongeng Untuk Menurunkan Stres Dan Gangguan Tidur Pada Anak-Anak Panti Asuhan.
Knopf, A. (2020). During And After COVID‐19, Anxiety And Depression Will Increase: Study. The Brown University Child And Adolescent Behavior Letter, 36(9), 6–7. Https://Doi.Org/10.1002/Cbl.30488
Mchugh, T. L., Fraone, J. S., & Zhang, Z. (2022). Mental Health In The New Workplace: A Culture Shift Toward Transparency And Empathy. The Journal Of Total Rewards, 31(1), 8–21.
Meherali, S., Punjani, N., Louie-Poon, S., Rahim, K. A., Das, J. K., Salam, R. A., & Lassi, Z. S. (2021). Mental Health Of Children And Adolescents Amidst Covid-19 And Past Pandemics: A Rapid Systematic Review. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 18(7). Https://Doi.Org/10.3390/Ijerph18073432
Mulyasih, R., & Putri, L. D. (2019). Trauma Healing Dengan Menggunakan Metode Play Terapy Pada Anak-Anak Terkena Dampak Tsunami Di Kecamatan Sumur Propinsi Banten. Bantenese - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). Https://Doi.Org/10.30656/Ps2pm.V1i1.1042
Muslim, M. (2020). Manajemen Stress Pada Masa Pandemi Covid-19. ESENSI : Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2).
Musradinur. (2016). Stres Dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Edukasi, 2(2), 183–200.
Noverita, Mulyadi, & Mudatsir. (2017). Erapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia 3–5 Tahun Yang Berobat Di Puskesmas. Jurnal Ilmu Keperawatan, 5(2), 71– 82. Rahmatullah, A. S. (2021). Pengaruh Resiliensi Mental Terhadap Stress Akademik Pada Anak Buruh Migran Di MTS Plus Nururrohmah Tambaksari Kuwarasan Gombong Kebumen. Memperkuat Kontribusi Kesehatan Mental Dalam Penyelesaian Pandemi COVID- 19: Tinjauan Multidisipliner, April, 175–182.
Rao, P. T. (2021). A Paradigm Shift In The Delivery Of Physical Therapy Services For Children With Disabilities In The Time Of The COVID-19 Pandemic. Physical Therapy, 101(1), 11–14. Https://Doi.Org/10.1093/Ptj/Pzaa192
Ravichandran, H., Janakiraman, B., Sundaram, S., Fisseha, B., & Yitayeh, A. (2020). Emotional Well‑Being, Mental Health Awareness, And Prevention Of Suicide: Covid‑19 Pandemic And Digital Psychiatry. Medicine And Health Sciences, 8(1), 71–74. Https://Doi.Org/10.4103/Amhs.Amhs
Reizer, A., Galperin, B. L., Chavan, M., Behl, A., & Pereira, V. (2022). Examining The Relationship Between Fear Of COVID-19, Intolerance For Uncertainty, And Cyberloafing: A Mediational Model. Journal Of Business Research, 145(August 2021), 660–670. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jbusres.2022.03.037
Ryan, J. (2013). Stories Of Snow And Fire: The Importance Of Narrative To A Critically Pluralistic Environmental Aesthetic. Humanities, 2(1), 99–118. Doi.Org/10.3390/H2010099
Santrock, J. W. (2007). Remaja, Edisi Kesebelas (Alih Bahasa: B. Widyasinta). Erlangga.
Shadiqi, M. A., Hariati, R., Hasan, K. F. A., I’anah, N., & Al Istiqomah, W. (2020). Panic Buying Pada Pandemi COVID-19: Telaah Literatur Dari Perspektif Psikologi. Jurnal Psikologi Sosial, 19(2), 131–141. Https://Doi.Org/10.7454/Jps.2021.15
Sholihat, I., & Nasrullah, D. D. (2017). Konseling Pada Anak Korban Bencana Alam: Play Therapy Perspektif. Global Conference Index, 119–125.
Sitohang, M. Y., Rahadian, A. S., & Prasetyoputra, P. (2020). Inisiatif Masyarakat Indonesia Di Masa Awal Pandemi Covid-19: Sebuah Upaya Pembangunan Kesehatan. Jurnal Kependudukan Indonesia, 33. Https://Doi.Org/10.14203/Jki.V0i0.581
Tarupolo, B. (2002). Warta Kesehatan Kerja Media Komunikasi Kesehatan Kerja (Edisi 2). Teti, M. (2019). The Murky Ethics Of Visual Qualitative Methods: Picturing A Clear Path Forward. International Journal Of Qualitative Methods, 18, 1–4. Https://Doi.Org/10.1177/1609406919884810
Tokazhanov, G., Tleuken, A., Guney, M., Turkyilmaz, A., & Karaca, F. (2020). How Is COVID-19 Experience Transforming Sustainability Requirements Of Residential Buildings? A Review. Sustainability (Switzerland), 12(20), 1–20. Https://Doi.Org/10.3390/Su12208732
Tunas, I. K. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Stres Dan Aktivitas Fisik : Telaah Sistematik. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(2), 284–294. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.6722799
Turner, M., & Simmons, D. R. (2020). Taking A Partnered Approach To Managing Academic Stress: An Undergraduate Study. International Journal Of Construction Education And Research, 16(4), 251–269. Https://Doi.Org/10.1080/15578771.2019.1619637
Wandra, W., Cikusin, Y., & Haya, H. (2021). Wabah Corona Virus (Covid-19) (Studi Pada Desa Pandansari Lor Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 1627–1624. Https://Doi.Org/10.47492/Jip.V2i5.946
Weis, R., Ray, S. D., & Cohen, T. A. (2021). Mindfulness As A Way To Cope With COVID-19- Related Stress And Anxiety. Counselling And Psychotherapy Research, 21(1), 8–18. Https://Doi.Org/10.1002/Capr.12375
Widyastuti, C., Widha, L., & Aulia, A. R. (2019). Play Therapy Sebagai Bentuk Penanganan Konseling Trauma Healing Pada Anak Usia Dini. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(1), 100–111. Https://Doi.Org/10.14421/Hisbah.2019.161-08
Yu, Y., Liu, Z. W., Li, T. X., Li, Y. L., Xiao, S. Y., & Tebes, J. K. (2020). Test Of The Stress Process Model Of Family Caregivers Of People Living With Schizophrenia In China. Social Science And Medicine, 259(June). Https://Doi.Org/10.1016/J.Socscimed.2020.1131