Pembuatan Film Pendek “Balik Kampung” Sebagai Media Promosi Dan Pengenalan Wisata Yang Ada Di Bengkulu
Abstract
Promosi dapat diartikan sebagai suatu upaya untuk memperkenalkan suatu produk dari suatu perusahaan tertentu agar dapat dikenal publik dan menarik minat pembeli sehingga meningkatkan penjualan perusahaan. Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu merupakan sebuah lembaga pemerintah di provinsi Bengkulu, yang bertanggung jawab atas pengembangan pariwisata di daerah tersebut Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu berwenang untuk mengeluarkan izin-izin bidang pariwisata meliputi Izin Usaha Pariwisata untuk travel agent dan lainnya, Selain izin-izin bidang pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu juga memiliki wewenang dalam mengeluarkan izin terkait bidang kebudayaan seperti kegiatan kebudayaan, alih fungsi bagunan bersejarah dan lainnya. Dalam Praktek Kerja Lapangan ini program yang akan dilakukan adalah membuat film pendek tentang promosi pengenalan wisata yang ada di Bengkulu, terutama wisatawan luar. Observasi terhadap permasalahan di Dinas Pariwisata Provinsi ini memicu ide pembuatan film pendek yang berjudul “Balik Kampung” khusus untuk mengatasi tantangan ini, Dengan promosi wisata, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu memikirkan Bagaimana strategi promosi dalam meningkatkan jumlah pengunjung di wisata Provinsi Bengkulu. Bagaimana agar semua masyarakat yang berada di luar kota Bengkulu mengetahui adanya tempat wisata yang berada di Bengkulu. Dengan adanya pembuatan film pendek ini diharapkan masyarakat Bengkulu maupun Luar Bengkulu akan lebih tertarik untuk mengunjungi objek wisata yang ada di Bengkulu
References
Andhika, A. (2019). Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 26–30.
Kurniawan, C. (2022). Analisis Kinerja Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Bengkulu Dalam. Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer, 2(2), 225–234.
Makhrian, A. (2020). Media Promosi Industri Pariwisata Kota Bengkulu Melalui New Media. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 4(1), 11–17. https://doi.org/10.33369/jkaganga.4.1.11-17
Pundissing, R. (2021). Pengaruh Daya Tarik Dan Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Pongtorra’ Toraja Utara. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 2(1), 71–84. https://doi.org/10.47178/jesit.v2i1.1239
Sofia, L. A., Hidayat, A. S., & Zain, M. A. (2020). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Wisata Pantai Asmara. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 5(2). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v5i2.2814