PENYULUHAN DAN MEMOTIVASI MASYARAKAT USIA SEKOLAH UNTUK MENDAPATKAN PENDIDIKAN LAYAK

  • Devi Ayuni Universitas Terbuka, Banten, Indonesia
  • Rahmad Purnama Universitas Terbuka
  • Trini Prastati UniversitasTerbuka, Banten, Indonesia
  • Heriani UniversitasTerbuka, Banten, Indonesia
  • Faridah Iriani UniversitasTerbuka, Banten, Indonesia
Keywords: Penyuluhan, Motivasi, Pendidikan Tinggi, Kesadaran Masyarakat, Pendidikan Layak, Kesenjangan Gender

Abstract

Pendidikan adalah salah satu pilar utama dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, di beberapa daerah, terutama yang memiliki kondisi ekonomi kurang menguntungkan, masih banyak masyarakat usia sekolah yang belum memperoleh akses pendidikan yang layak. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pentingnya penyuluhan dan motivasi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan cara-cara untuk mengakses pendidikan yang lebih baik. Melalui metode penyuluhan yang melibatkan orang tua, anak-anak, serta tokoh masyarakat, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pendidikan. Metode yang digunakan adalah analisis kebutuhan, sesi informasi interaktif, dan berbagi pengalaman dari alumni yang sukses. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kesadaran masyarakat tentang manfaat pendidikan, khususnya bagi anak-anak dan perempuan. Hal ini diharapkan dapat mendorong partisipasi lebih aktif dalam pendidikan tinggi dan memperbaiki kesenjangan gender dalam pendidikan. Program ini juga memberikan wawasan tentang beasiswa dan bantuan pendidikan yang tersedia bagi masyarakat kurang mampu. Kesimpulannya, penyuluhan yang efektif dapat membantu mengatasi hambatan ekonomi, sosial, dan budaya dalam mengakses pendidikan yang layak.

References

Aditomo, A., & Faridz, N. F. (2019). Ketimpangan Mutu dan Akses Pendidikan di Indonesia: Potret Berdasarkan Survei PISA 2015. https://doi.org/10.31227/osf.io/k76g3
Alviana, A. F., & Nanik Setyowati, R. R. (2023). Motivasi Orang Tua dalam Penentuan Pendidikan Tinggi Anak di Kelurahan Meri Kota Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(2), 494–509. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n2.p494-509
Amadi, A. S. M., Hasan, S., Rifanto, N. A., Wildan, M., Afifah, N. Q., & Nisak, N. M. (2023). Upaya Pemerintah dalam Menjamin Hak Pendidikan untuk Seluruh Masyarakat di Indonesia: Sebuah Fakta yang Signifikan. Educatio, 18(1), 161–171. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.14798
Amelia, A., Siska, D., & Utami, R. T. (2024). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(8), 3479–3484. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i8.1502
Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595
Basuki, K. H., Rosa, N. M., & Alfin, E. (2020). MEMBANGUN KESADARAN MASYARAKAT DALAM MENATA LINGKUNGAN YANG ASRI, NYAMAN DAN SEHAT. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 1. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1460
Batoa, D. H. (2024). PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN. EUREKA MEDIA AKSARA.
Haekal, M. (2022). Tantangan Distribusi Guru di Daerah Terpencil Indonesia: Antara Manajemen, Isu Personal, dan Faktor Geografi. 12(1).
Hanaris, F. (2023). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA: STRATEGI DAN PENDEKATAN YANG EFEKTIF. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9
Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terapan, 11–28. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i3.153
Jatiningsih, O., Habibah, S. M., Wijaya, R., & Sari, M. M. K. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN ANAK PADA MASA BELAJAR DARI RUMAH. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(1), 147. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i1.29943
Kurniawati, F. N. A. (2022). MENINJAU PERMASALAHAN RENDAHNYA KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN SOLUSI. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Lesmana, T., & Sulandjari, K. (2023). Pemberdayaan Komunitas Lokal dalam Pelestarian Lingkungan: Tinjauan atas Proyek Kolaboratif, Keberlanjutan, dan Pengambilan Keputusan. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(09), 808–818. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i09.668
Musthofa, B. M., & Rahman, I. F. (2021). ANALISIS STRATEGI DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT YANG BERKELANJUTAN DI DAERAH TERPENCIL PADA BIDANG PENDIDIKAN. 9(2).
Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 8(1), 11. https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072
Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183
Nurmawati, E., Widi, R. H., Noormansyah, Z., & Febrianti, T. (2024). HUBUNGAN ANTARA PERAN PENYULUH DENGAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENYULUHAN PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KOMODITAS UNGGULAN BELIMBING MADU DI KECAMATAN LANGENSARI KOTA BANJAR. MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal), 6(2), 365. https://doi.org/10.52434/mja.v6i2.3425
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. 7.
Prastati, T., Heriani, Purnama, R., & Retnanigsih, T. K. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Ruang Terbuka Untuk Taman Gembira Anak Di Kelurahan Serua Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 24–36. https://doi.org/10.54066/abdimas.v3i1.361
Putra, W. (2021). Mutu Pendidikan dalam Penguatan Kreativitas Anak Prasekolah. Ta’dib, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.54604/tdb.v11i2.43
Rahayu, D., Endah, E., Ahmad, A., Intan, D., & Santika, T. A. (2023). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar dan Pembentukan Karakter Peserta Didik. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 551–554. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.202
Rasyid, H. (2015). MEMBANGUN GENERASI MELALUI PENDIDIKAN SEBAGAI INVESTASI MASA DEPAN. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345
Rempe, O., Ilyas, Muh. Y., Shafwan, A. F., Syukur, M., & Arifin, I. (2023). Meninjau Tantangan Dan Hambatan Dalam Pendidikan Anak Jalanan: Studi Kasus Pada Anak-Anak Jalanan Di Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(05), 448–458. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i05.1761
Riduwan, A. (2016). PELAKSANAAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT OLEH PERGURUAN TINGGI. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95. https://doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Suparman, H. (2023). PARADIGMA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN SDM (SUMBER DAYA MANUSIA). Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(3), 302–311. https://doi.org/10.51212/jdp.v16i3.227
Ulul Farihin, A. (2023). Meningkatkan Kesadaran Lingkungan melalui Edukasi dan Partisipasi Masyarakat. MUJAHADA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(I), 21–32. https://doi.org/10.54396/mjd.v1iI.967
Widiyarti, G., Anggraini, L., & Aritonang, N. H. S. (2023). PENANAMAN KESADARAN PENTINGNYA PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PUTUS SEKOLAH BAGI SANTRI PONPES RAUDHATUL JANNAH SUBULUSSALAM KAB. ACEH SINGKIL. Jurnal Pema Tarbiyah, 2(2), 81. https://doi.org/10.30829/pema.v2i2.3263
Yayan Alpian, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, & Nizmah Maratos Soleha. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Yusuf, M. (2017). PENGARUH EKONOMI KELUARGA TERHADAP PUTUSNYA SEKOLAH ANAK. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 99–108. https://doi.org/10.17977/UM014v10i22017p099
Published
2024-12-21
How to Cite
Devi Ayuni, Purnama, R., Trini Prastati, Heriani, & Faridah Iriani. (2024). PENYULUHAN DAN MEMOTIVASI MASYARAKAT USIA SEKOLAH UNTUK MENDAPATKAN PENDIDIKAN LAYAK. PAKDEMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.58222/pakdemas.v4i1.281
Section
Articles