PENGUATAN MENTAL WIRAUSAHA SDM UMKM BERBASIS NILAI-NILAI RELIGIUS DAN SOSIAL
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kolaborasi pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan Jawa Barat melalui pendekatan berbasis nilai religius dan sosial. Pendekatan ini penting karena pelaku UMKM sering menghadapi tantangan berupa ketidakpastian ekonomi dan lemahnya kerja sama, yang menghambat keberlanjutan usaha mereka. Metode yang digunakan meliputi pelatihan tatap muka, diskusi kelompok, simulasi studi kasus, dan evaluasi berbasis kuesioner serta observasi langsung.Hasil menunjukkan bahwa pelatihan berbasis nilai religius berhasil meningkatkan kepercayaan diri pelaku UMKM dalam mengambil keputusan bisnis, dengan 85% peserta menunjukkan perubahan positif. Selain itu, pelatihan nilai sosial meningkatkan tingkat kolaborasi antar pelaku UMKM dari 30% menjadi 70%, yang terlihat dari inisiatif kerja sama baru di antara peserta. Fenomena lain yang tidak terduga adalah munculnya pemimpin informal di kalangan peserta, yang menunjukkan potensi penguatan komunitas UMKM secara mandiri. Implikasi temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis nilai religius dan sosial dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM. Program ini membuka peluang pengembangan lebih lanjut, seperti integrasi teknologi digital untuk memperluas dampak positifnya.
References
Alhawiti, H. M., & Kamarudin, S. (2021). Religiosity and entrepreneurship: A systematic review and future research. Economic and Environmental Studies. https://doi.org/10.25115/EEA.V39I4.4171
Farooq, R., Block, J. H., & Fisch, C. (2019). Entrepreneurship in Islamic communities: How do Islamic values and Islamic practices influence entrepreneurship intentions? Social Science Research Network. https://doi.org/10.2139/SSRN.3405196
Juli, M., Erwansyah, H., & Ku Ariffin, K. H. (2023). Islamic entrepreneurship nurturing new ventures through Islamic principles. Advances in Logistics, Operations, and Management Science Book Series. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-7519-5.ch004
Mohammad, B. B., & Tavalaee, M. R. (2016). The components of Islamic entrepreneurship pattern based on religious teachings. Modern Applied Science. https://doi.org/10.5539/MAS.V10N6P37
Nadia, U., & Nawawi, M. Z. (2022). Islamic business ethics in entrepreneurship in promoting MSME actors. EMBA Journal. https://doi.org/10.53697/emba.v2i1.716
Selçuk, U., Spence, L. J., Simpson, R., & Karakas, F. (2017). Work ethic, religion and moral energy: The case of Turkish SME owner-managers. International Journal of Human Resource Management. https://doi.org/10.1080/09585192.2016.1166790
Sefnedi, S. (2023). The impact of religiosity as moderator on the relationship between entrepreneurial orientation, market orientation and the performance of SMEs. e-Journal Apresiasi Ekonomi. https://doi.org/10.31846/jae.v11i2.621
Suhaimi, M., & Sarif, S. (2019). Strategic ta’awun and fastabiqul khairat partnerships for sustainable competitive advantage among small and medium enterprises in the Muslim world. Asian Academy of Management Journal. https://doi.org/10.21315/AAMJ2019.24.S1.9
Syahruddin, K., & Abdullah, M. W. (2019). Islamic economic creative solutions for small and medium enterprises in the short and long term. Iqtisaduna Journal. https://doi.org/10.24252/IQTISADUNA.V1I1.11819
Tuti, K. S., Wahid, N. R., Putri, J. A., Evanita, S., & Friyatmi, S. (2023). Model of vocational madrasah-based student entrepreneurship skill development through religious values. Indonesian Journal of Computer Science. https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i5.3359
Vette, T. de. (2022). Peran nilai-nilai islami dalam kewirausahaan untuk menunjang sebuah kinerja bisnis. Journal of Economics and Humanities. https://doi.org/10.31958/jeh.v7i1.6515