PELATIHAN DOLANAN TANPA GADGET UNTUK GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI PADA GENERASI ALPHA

  • Fauziatul Halim Universitas Almuslim
  • Asyiful Munar Universitas Almuslim
  • Rahma Universitas Almuslim
Keywords: Dolanan tanpa gadget,Ppermainan edukatif, Generasi Alpha, Literasi dan Numerasi

Abstract

Kegiatan pengabdian ini berjudul Pelatihan Dolanan Tanpa Gadget Untuk Guru PAUD Dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Pada Generasi Alpha. Pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru-guru PAUD untuk membuat permainan (dolanan) edukatif tanpa gadget agar dapat meningkatkan literasi dan numerasi anak-anak. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di sekolah TK Nusa Indah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen dan peserta dalam kegiatan pelatihan ini adalah guru-guru yang ada di TK Nusa Indah. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam dua sesi; sesi pertama peserta diberikan pengetahuan materi tentang jenis-jenis dolanan tanpa gadget yang dapat dikembangkan oleh guru yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pada sesi kedua, peserta dilatih praktik langsung untuk membuat dolanan bersama-sama anak-anak. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru mendapatkan pengetahuan dan dapat mengembangkan dolanan tanpa gadget sebagai media belajar dalam meningkatkan literasi dan numerasi anak-anak dalam belajar. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berjalan dengan sukses dan memberikan kontribusi yang sangat besar kepada guru-guru di sekolah TK Nusa Indah dalam mengembangkan permainan edukatif guna menunjang proses pembelajaran menjadi lebih baik ke depannya.

References

Basri, N., dkk. (2023). Implikasi P5 Dalam Penguatan Kompetensi 6C Pada Guru Sekolah TK Bina Ukhuwah Kab. Pidie. Rambideuen, 6(3), 223–231.

Halim, F. (2018). Pelatihan Pembuatan APE (Alat Permainan Edukatif) Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAUD di Kecamatan Peusangan Kab. Bireuen. Variasi, 10(3), 6–9.

Musrid. (2018). Belajar dan Pembelajaran PAUD. (p.372). Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, D., dkk. (2019). PKM Pembuatan Permainan Edukatif Bagi Guru TK/PAUD. Seminar Nasional, 674–678.

Rangkuti, & Julia Sarah. (2018). Rumah Main Anak. (p.130). Yogyakarta. Sahabat Sejati.

Rizki, S., & Halim, F. (2022). Implementasi Pembuatan APE Dalam Kegiatan Bermain Melalui Pelatihan Clay Art dan Seni di Desa Dayah Mesjid. AJCE, 31–36.

Salsa, B. (2021). Ide Dolanan Tanpa Gadget: Mudah, Murah, dan Bisa di Rumah. (p.152). Jakarta. Anakkita.

Suyono, H. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. (p.252). Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107-119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369

Zuhra, F., dkk. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran Untuk Guru MTsS. JMM, 5(6), 3434–3441.

Published
2024-12-12
How to Cite
Halim, F., Munar, A., & Rahma. (2024). PELATIHAN DOLANAN TANPA GADGET UNTUK GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI PADA GENERASI ALPHA . PAKDEMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 227-232. https://doi.org/10.58222/pakdemas.v4i1.299
Section
Articles