PENDAMPINGAN GURU UPTD TK NEGERI PUTROE TI ZALIKHA DALAM MENDESAIN MODUL AJAR BERBASIS ETNO-STEAM PADA IMPLEMENTASIKURIKULUM MERDEKA
Abstract
Penerapan kurikulum merdeka berdampak pada kinerja guru dalam menyiapkan kelengkapan pembelajaran didalam kelas terlebih pada jenjang dasar (TK,PAUD, dan KB) terutama modul ajar dan APE (Alat permainan Edukatif). Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran mencapai Capaian Pembelajaran (CP) dan APE merupakan alat main yang dirancang untuk anak- anak dengan tujuan untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak dalam proses pembelajaran, baik dilaksanakan di rumah maupun di sekolah. Kedua komponen tersebut menjadi penting dalam mendesain pembelajaran didalam kelas, sehingga dipandang perlu untuk memahami konsep APE yang baik dan mendesain modul ajar yang sesuai dengan pertumbuhan dan karakteristik peserta didik. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk menghasilkan pendidikan berkualitas melalui pendampingan dan pelatihan yang mampu meningkatnya pemahaman guru dalam mendesain modul ajar dan merancang APE (Alat Peraga Edukatif) berbasis Etno-STEAM sesuai capaian dan tumbuh kembang anak pada implementasi Kurikulum Merdeka, dan kemitraan untuk mencapai tujuan sesuai dengan yang diharapakan yaitu peningkatkan Akreditasi sekolah sehingga mendapatkan pengakuan yang layak dan menarik animo masyarakat sekitar.
References
Jannah, R., Taufiq, M., & Rahma, R. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan Steam Pada Materi Fluida Statis Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jangka. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains , 3(2). http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1369
Marfungah, D. (2018). PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI. Conference Upgris, 1(3).
nuryati. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi.
Rahma, R., & Isralidin, I. (2022). Implementasi Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains , 3(1), 33–37. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1290
Rahma, R., Rizki, S., & Saputra, R. J. (2023). Pendampingan Guru Dalam Merancang Media Anak Usia Dini Melalui Pendekatan STEAM. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 109–115. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.189
Rizal, M., Najmuddin, N., Iqbal, M., Zahriyanti, Z., & Elfiadi, E. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415
Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan.