ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN BRAND AWARENESS PADA UMKM KOTA TANGERANG SELATAN DI ERA DIGITAL

  • Nuthfa Rosa Aminah Talib Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) Universitas Terbuka
  • Meci Nilam Sari Tutor Program Studi Studi S1 Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) Universitas Terbuka
Keywords: Brand Awareness, Digital Era, Media Sosial, UMKM

Abstract

Media sosial memainkan peran penting dalam pemasaran UMKM di Kota Tangerang Selatan, memungkinkan promosi produk dengan biaya rendah dan efisien. Teknologi digital mempercepat adopsi media sosial, meningkatkan brand awareness, interaksi dengan pelanggan, dan memperluas pasar. Fitur seperti segmentasi pasar dan analisis perilaku konsumen membantu UMKM menyesuaikan strategi, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan beradaptasi dengan tren pasar, mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan dengan modal lebih kecil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial terhadap brand awareness UMKM di Kota Tangerang Selatan, dengan fokus pada efektivitas, faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data dengan wawancara. Analisis data menggunakan pendekatan analisis kualitatif, selain itu, teknik triangulasi sumber digunakan untuk memastikan keabsahan data. Penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial memainkan peran penting dalam meningkatkan brand awareness bagi UMKM di Kota Tangerang Selatan. Penggunaan media sosial yang strategis, seperti konsistensi unggahan konten, interaksi dengan pelanggan, dan pemanfaatan fitur interaktif, dapat memperluas jangkauan pasar dan memperkuat citra merek, serta meningkatkan hubungan dan kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, UMKM disarankan untuk merencanakan strategi pemasaran yang terintegrasi dan berbasis data, termasuk menggunakan fitur analitik untuk memahami audiens dan menjaga konsistensi konten. UMKM juga perlu berinvestasi dalam pelatihan penggunaan media sosial dan teknologi digital untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola platform ini.

Published
2024-12-07
How to Cite
Talib, N. R. A., & Meci Nilam Sari. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN BRAND AWARENESS PADA UMKM KOTA TANGERANG SELATAN DI ERA DIGITAL. JURNAL EKONOMI AKUNTANSI MANAJEMEN AGRIBISNIS, 2(2), 87-96. Retrieved from https://jurnal.faperta-unras.ac.id/index.php/JUREKMA/article/view/318