PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PEMASARAN DIGITAL BAGI UMKM KENANGA
Abstract
Salah satu sektor yang terdampak oleh pandemi covid-19 adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Padahal UMKM berkontribusi terhadap PDB sebesar 60,51% (senilai Rp9.580 Triliun). Namun demikian, kejayaan UMKM tersebut runtuh saat pandemi covid-19 melanda Indonesia Sebagaimana komitmen pemerintah dengan Millineum Development Goals (MDGs) yaitu diantaranya berusaha untuk memberdayakan kaum perempuan melalui pendidikan, peningkatan peran dalam masyarakat, ekonomi, dan sebagainya dengan memberikan edukasi dan pelatihan serta pendampingan terkait digitalisasi dalam pemasaran. Rumusan masalah dalam kegiatan pengabdian ini adalah kurangnya pengetahuan perempuan terfokus ibu rumah tangga tentang pemasaran digital, dan UMKM serta kurangnya pelatihan, pendampingan pada perempuan terfokus ibu rumah tangga dalam memahami cara/prosedur bertransaksi atau digital marketing. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pemberdayaan secara aktif partisipatif dan focus group discussion (FGD) serta conseling group menggunakan metode pelatihan dan pendampingan. Adapun hasilnya mitra dapat mempunyai pengetahuan, keterampilan terkait pemasaran digital, dan UMKM untuk kebutuhan sehari hari dan modal usaha sehingga kegiatan pengabdian ini dapat memberikan perubahan perkembangan kualitas kehidupan dan mentalitas yang baik serta energi positif berupa kemandirian dan terampil bagi perempuan. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan digital marketing bagi UMKM, antara lain: Membuat akun Google My Business, Membangun website, Promosi di media sosial, Bekerjasama dengan influencer, Melakukan kampanye iklan, namun untuk sementara ini masih belum optimal karena masih terbatas pada pemanfaatan Whatsapp Messenger untuk sarana promosi dan memperkenalkan produk secara personal/pesan pribadi/japri/ personal chat. Belum optimal menggunakan atau memanfaatkan Whatsapp Business dan Whatsapp Marketing
References
Haryanto, Sugeng. 2018. Peran Aktif Wanita Dalam Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Miskin: Studi Kasus Pada Wanita Pemecah Batu Di Pucanganak Kecamatan Tugu Tren ggalek. Dalam Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 9.No.2 Desember. Hal 216- 227
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129
Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2020
Nur, S. (2019). Pemberdayaan Perempuan Untuk Kesetaraan & Meningkatkan Partisipasi Dalam Pembangunan Lingkungan Hidup. An-Nisa, 10(1), 99–111. https://doi.org/10.30863/annisa.v10i1.388
Priambada, S. (2017). Potensi Media Sosial bagiUsaha Kecil dan Menengah (UKM) di Maang Raya. Seminar Nasional Sistem Infor-masi Indonesia, 2(November), 239–244
Rahmadieni, R. Y., & Wahyuni, E. I. (2023). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi Pada UMKM Di Desa Bulusulur. Jurnal Al Basirah, 2(1), 17–26. https://doi.org/10.58326/jab.v2i1.28 Rumbekwan, M., & Tanamal, N. A. (2023). Peran Perempuan Dalam Ketahanan Nasional. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 48(2), 203–212. https://doi.org/10.33701/jipwp.v48i2.3081
Rokhmah, B. E. & Yahya, I. (2020). Tantangan,Kendala, dan Kesiapan Pemasaran OnlineUMKM di Desa Nglebak, Kecamatan Ta-wangmangu, Kabupaten Karanganyar. Fi-lantropi: Jurnal Manajemen Zakat dan Wa-kaf, 1(1), 20–31
5.2.1.
Siregar, G., Arda, M., Damanik, W. S., Saragih, S. A., Popy, & Zulham, M. (2023). Pelatihan digital marketing untuk meningkatkan penjualan Kelompok Tani Keliora. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 29(1), 60–63. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jff.2021.1 Siregar, I. (2021). Perempuan Dan Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Di Kota Padang Sidempuan) Indah. Journal of Gender And Social Inclusion In Muslim Societies, 2(2), 67–83
Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi: Studi Kasus pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Bandung. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–96. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/590%0Ahttps://j ournal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/download/590/801
Yuyun S, Dedeh, Ilah, Rini Agustin EY, Endang Mi. 2023. Pemberdayaan Perempuan Melalui Penyuluhan Literasi Digital Keuangan Women EmpowermentThrough Financial Digital Literacy Counseling Abdimas Galuh Volume 5, Nomor 2, September 2023, 1081-1093. 2023