PENINGKATAN KOMPETENSI LITERASI SISWA MELALUI VIDEO BASED LEARNING PADA MATERI LITERASI DIGITAL DI SMP NEGERI 1 LABANG
Abstract
Kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Labang selama ini cenderung mengandalkan metode tradisional yang kurang efektif dalam mengembangkan pemahaman siswa tentang teknologi digital, keterampilan menggunakan alat digital, serta kemampuan untuk mengelola informasi secara kritis dan etis. Akibatnya, tingkat literasi digital siswa masih rendah. Untuk itu, diusulkan pengembangan video-based learning untuk media pembelajaran pada materi literasi digital sebagai bentuk pengabdian yang dilakukan pada 10 Oktober 2024 di SMP Negeri 1 Labang, menggunakan pendekatan partisipatif yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa kelas 8. Media pembelajaran yang dikembangkan meliputi video animasi dua dimensi untuk membantu pemahaman konsep literasi digital dan poster literasi digital sebagai pendukung. Tahapan kegiatan meliputi perancangan, implementasi, dan evaluasi efektivitas media dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi dan uji coba produk kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep literasi digital, serta mendorong keterlibatan aktif dan motivasi belajar. Dengan demikian, pengembangan video-based learning dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kompetensi literasi digital siswa di SMP Negeri 1 Labang.
References
Ahsani, E. L. F., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, E. L., Wahyu Noor Anggita Ningsih, P. L., & Roichanah, N. N. (2021). PENGUATAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR INDONESIA DEN HAAG. ResearchGate, 8(2), 228 – 236.
Indonesia, A. P. J. I. (2022). No Title. In Profil Internet Indonesia 2022.
Manuella, S., & Perdani SP, N. (2023). Pengaruh Tingkat Literasi Digital Terhadap Etika Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Pekanbaru. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 7(2), 263–274. https://doi.org/10.14710/anuva.7.2.263-274
Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Sabdo Sih, N. D., & Martini. (2019). Penggunaan Media Video Pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar IPA. Tren dan isu isu pendidikan sains di era revolusi 4.0, 1–9.
Syahid, A., Hamdan, F., Hamid, S., Jannah, M., Tarbiyah, F., & Keguruan, I. (2024). Edukasi Keamanan Digital dan Penggunaan Media Sosial di SMP Negeri 3 Palangka Raya: Bahasa Pengantar Bahasa Inggris NOVIA FITRIANI 4 NOVI RAHMADANIATI 5 RAHMA IBTIDA SAUMI 6* 4 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya . 03, 125–133. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i3.384
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096






_1.png)



